-- All New Nissan NP300 Navara SL
Model ini ditujukan bagi konsumen fleet. Navara SL dilengkapi sejumlah fitur keamanan, meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Traction Control System (TSC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC) dan dilengkapi Dual Air Bag.
Navara SL diperkuat sasis yang kokoh berkat tipe Full Length Lully-boxed Ladder Frame yang didesain khusus untuk mendukung operasional bisnis sehari-hari yang padat. Selain itu, tipe ini juga dibekali dengan desain eksterior terbaru, berupa New Front Grill, New Front & Rear Bumper, New Front & Rear Lamp, dan New Hood Design yang dilengkapi dengan Siluet Body yang berkarakter.
Pada interior, All New NP300 Navara tipe SL dibekali teknologi modern: New Multi Information Display (MID), Shift-on-the-fly 4x4 mode, USB & AUX input, Strong Bed Liner dan Rear Ventilated AC.
-- All New Navara NP300 VL
All New Navara NP300 tipe VL diciptakan secara khusus untuk para pelanggan yang berani dan berjiwa petualang, serta membutuhkan sebuah kendaraan double cabin yang nyaman dan stylish secara bersamaan.
Model ini memiliki kenyamanan terbaik dan terinspirasi dengan fitur kendaraan SUV Nissan yang terdepan, serta dilengkapi dengan berbagai teknologi terdepan, seperti Center Mirror with Compass and Automatic Dimming, 3D MID with TFT Screen, Spinal Support Seat with Electric 8-way Arrangement (driver seat), Leather Seat, Steering Wheel with Leather, Audio Steering Switch and Cruise Control, Touch screen head unit with Bluetooth Connectivity dan Intelligent Key.
Tampilan stylist All New NP300 Navara tipe VL diperoleh berkat Front LED Head Lamp with daytime-running light, Fog Lamp with Chrome Finisher, Rear Parking Camera, Roof Rail, serta 18-inch Smoked Alloy Wheel.
Harga dan Mesin
Per Januari 2016 harga masing-masing tipe berbeda. All New Navara SL bertransmisi manual (M/T) ditawarkan dengan harga Rp 386.300.000. Sementara tipe VL (M/T) dibanderol Rp 421.200.000, sedangkan VL (A/T) sebagai tipe tertinggi dipatok Rp 436.300.000. Harga-harga tersebut telah berstatus on the road Jakarta. Keduanya menggunakan jantung mekanis yang sama, yakni mesin 2.500 cc DOHC segaris 4-cylinder intercooled turbo diesel.
Meski begitu, kemampuan tiap tipe berbeda. Untuk tipe SL tenaga yang dikeluarkan sebesar 120 tenaga kuda (tk) dengan torsi 403 Nm. Sementara tipe VL berkekuatan 140 tk dengan torsi 450 Nm.
Kemampuan 4x4 mumpuni dan torsi berlimpah mendukung kesenangan berkendara di medan tak ramah.
Sejatinya, pick-up adalah kendaraan niaga yang diperuntukkan mengakomodir pekerjaan di daerah perkebunan dan pertambangan. Namun kini mobil pickup khususnya model kabin ganda (double cabin) mulai merambah kaum urban dan perlahan menjadi simbol status baru sehingga terjadi sedikit pergesaran perspektif. Para pabrikan mulai membekali pickup mereka dengan fitur-fitur premium, yang kian menampik makna dan fungsi dasar dari mobil pic-kup.
PT Nissan Motor Indonesia yang juga turut bermain dalam pasar pickup, tak ingin ketinggalan dan mereka pun memperbarui double cabin andalan mereka Nissan Navara dengan desain baru yang lebih mewah, tanpa melupakan kemampuan alaminya sebagai kendaraan pekerja. Sebelum peluncuran resminya awal April, kami berkesempatan menguji ketangguhan Navara terbaru medio Maret lalu.
Nissan NP300 Navara
Dari sosoknya, Navara baru memang terlihat lebih gagah dan memancarkan aura tangguh. Desainnya bisa dikatakan lebih mewah dan semakin modern dibanding pendahulunya. Perbedaannya terletak pada desain bumper depan yang posisinya lebih tinggi, yang diikuti dengan naiknya tepian pada bonnet, memberikan kesan lebih berotot dan atletis. Selain itu, Nissan juga menyematkan grille khas V-Motion dengan tiga palang dan desain lampu depan baru.
Dari dimensinya, panjang dan tinggi Navara baru bertambah besar dari pendahulunya, termasuk ground clearance yang juga lebih tinggi. Sementara jarak sumbu roda mengalami pengurangan 50 mm dan berkontribusi pada radius putar kemudi yang lebih kecil.
Di bagian kabin, desain interior baru lebih modern, walau material dan warna yang digunakan tampak sederhana. Nissan juga mengakali ruang kabin dengan mengatur kembali posisi dasar kursi dan dashboard sehingga penumpang di baris kedua dapat duduk dengan cukup nyaman berkat ruang kaki yang lapang dan sudut sandaran kursi yang tidak terlalu tegak. Bahkan telah tersedia ventilasi penyejuk ruangan khusus untuk penumpang belakang.
Nissan NP300 Navara
Begitu duduk di balik kemudi, tekan tombol start/stop untuk menyalakan mesin turbodiesel berkapasitas 2.5 liter. Kekedapan kabin terbilang baik sehingga deru getaran mesinnya dapat terisolasi dengan baik. Dalam kondisi transmisi netral, tekan dan putar kenop transfer case dari posisi 2WD ke arah 4H (High) yang berarti aktifnya penggerak keempat roda untuk kecepatan tinggi. Perlu sedikit tenaga ekstra untuk menggerakan mobil karena kurangnya sensitivitas pedal akselerasi.
Ketika menemui jalan menurun curam, terlebih dengan permukaan medan tak ramah, pindahkan transfer case ke posisi 4L (low) dan aktifkan HDC (Hill Descent Control) dengan menekan tombol di samping transfer case. Fitur tersebut akan memberi bantuan pengereman, dan ketika Anda menginjak pedal kopling maka fitur HDC akan memberi cengkraman lebih pada rem ABS sehingga mobil tidak akan menyelonong.
Baik dalam mode pengendaraan 2WD maupun 4H, Navara terbaru terasa mantap ketika diajak berlari kencang dan salah satu bagian yang turut berkontribusi dalam pengendaraan tersebut adalah suspensi belakang baru. Di saat para pesaingnya rata-rata masih menggunakan per daun pada suspensi belakang, Navara menggunakan suspensi 5-link coil spring yang menghasilkan stabilitas dan peredaman yang terasa sangat meyakinkan bahkan dalam kecepatan tinggi sekalipun.
Saat kami uji bermanuver slalom dengan kecepatan medium, Fitur VDC (Vehicle Dynamic Control) menjalankan perannya dengan baik sehingga kendali masih berada di tangan pengemudi. Kami juga menguji dengan mematikan VDC dan bermanuver melingkar kecepatan tinggi, terasa gejala understeer namun masih dalam batas yang wajar mengingat permukaan medannya adalah tanah.
Torsi berlimpah, hingga 403 Nm pada 2.000 rpm, menjadikan Navara memiliki gaya dorong yang baik. Saat diuji menaiki tanjakan dengan kemiringan mencapai 45 derajat, Navara terbaru dapat melaluinya dengan mudah. Cukup aktifkan mode 4L dan angkat kaki dari pedal kopling dan akselerasi, maka Navara dapat merangkak naik dengan sendirinya.
Nissan NP300 Navara
Baik itu digunakan sebagai kendaraan niaga atau bergaya di jalan-jalan perkotaan, rasanya Navara terbaru dapat memenuhi kedua tujuan tesebut dengan baik. Desain baru yang lebih premium dan performa mumpuni menjadi nilai jual dari NP300 Navara yang dapat memberi ancaman pada para pesaingnya.
Mesin
Instalasi 4-silinder 2.488 cc, DOHC Turbodiesel
Tenaga 163 hp @ 3.600 rpm
Torsi 403 Nm @ 2.000 rpm
Transmisi
Tipe Manual 6-Speed
Dimensi
Panjang 5.255 mm
Lebar 1.850mm
Tinggi 1.790 mm
Ground clearance 225 mm
Suspensi
Depan Independent double-wishbone
Belakang 5-link coil spring with shock absorber
TOUGH
POWER TO PULL
Bringing together many strong features in one truck makes for one of the toughest vehicles Nissan has ever put out. High-strength chassis and full-length, fully boxed ladder frame – everything you need to help take on the punishment of intense daily usage.
A NAVARA FOR EVERY JOB
Whether for personal or business use, Navara comes in a variety of sizes to help meet your needs. With a standard long bed, the Navara King Cab offers the space for most any job. The Double Cab allows you to bring the whole crew along with room for five. And Navara Double Cab Long bed gives let’s your have it all.
EXTERIOR DESIGN
SOLID TO THE CORE
NP300 menggerakkan perhatian dengan eksterior yang berani, garis aerodinamis yang ramping dan pencahayaan yang khas, dengan dilengkapi LED headlights dan Daytime Running Lights.
NEW BOLD FRONT END
Bagian depan NP300 yang berani membuat pernyataan yang keras dibagian depan, karena grill berwarna chrome yang agresif.
|
LED HEADLIGHTS LED
Headlights secara penuh (VL model) memberikan pencahayaan dalam perjalanan Anda tidak seperti sebelumnya dan melengkapi tampilan dan memungkinkan setiap orang mengetahui Anda sedang mengendarai NP300.
|
FUNCTIONAL REAR SPOILER
Menambahkan sentuhan sporty di NP300 Anda, spoiler bagian belakang juga membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mengurangi hambatan udara.
|
ROOF RACK
The streamlined, tubular roof rack (standard on Tekna grade) can carry up to 56 kg and is shaped to reduce wind resistance.
|
INTERIOR DESIGN
REDEFINE THE WORKING CLASS
Things need to get done, but not at the expense of comfort. That’s why Navara offers a choice of spacious interiors that allow you to be practical and pampered.
SPACIOUS DOUBLE CAB
Interior yang luas seperti bagian kursi belakang mobil sedan, dibentuk dengan material berkualitas dan intuitif desain ergonomic – menyediakan pengalaman premium untuk lima orang penumpang dalam berkendara.
|
PREMIUM DASH DESIGN
Kesederhanaan, tetapi modern, dashboard dengan segala sesuatu yang intuitif sudah ditempatkan. Apakah saat Anda melihat gauges atau mendengarkan lagu, dashboard Anda merupakan pusat komando dari kendaraan Anda – dan dalam pengontrolan Anda.
|
TECHNOLOGY
YOUR WORLD, AT YOUR FINGERTIPS
Get in and go, thanks to Nissan Intelligent Key with Push Button Ignition. Leather-wrapped steering wheel with audio control enhances your driving experience. And the available Bluetooth Hands-free Phone System lets you make and take calls with ease.
AN INTERIOR THAT ADHERES TO YOUR EVERY NEED
The Navara’s cabin treats you like a VIP, because it’s loaded with a long list standard and available features such as a power driver’s seat, heated front seats, cruise control, auto on/off headlights, rain-sensing wipers and more. Add available leather-appointed seating and a leather-wrapped steering wheel for an upscale look, and it feels as much at home in the city as it does in the wilderness.
STORAGE
KEEP IT UNDER WRAPS
Keep the things that really matter close at hand, inside your Nissan NP300. The streamlined interior has been designed with room for everything from tools to beverages.
GAUGES - VL AND SL ARE DIFFERENT
Mudah dibaca baik di siang atau malam hari, Gauges mobil Anda akan menginformasikan Anda dengan aksen yang stylish.
|
DRIVE-ASSIST DISPLAY (GAUGES)
From current kpg, to average speed, to distance to empty, the Drive-Assist Display on VL models lays it all right before your eyes – helping to minimize time looking away. You can even personalize the display to reflect the colour of your NP300.
* VL Only
|
BLUETOOTH
A safer way to stay in touch. Now you can make calls using the buttons on the steering wheel and listen via the speakers on VL models.
|
USB INPUT
Your music comes along. NP300's USB input is ideal for your MP3 player, so you can easily control your playlist. You can also plug your player into a standard auxiliary audio input.
|
STEERING WHEEL-MOUNTED CONTROLS
Control is in your hands without ever having to let go of the steering wheel. With steering wheel-mounted controls (on VL models) that manage your audio, cruise control, and Bluetooth, you can make changes to your experience on the fly with a single touch.
|
PUSH BUTTON IGNITION
No fumbling for a key. Just a simple touch, and away you go (on VL models).
|
AUTO ON/OFF HEADLIGHTS
Whenever your headlights are left on after you’ve left the vehicle, NP300 will automatically turn them off for you (on VL models). How’s that for peace of mind?
|
COMFORT
STEP INSIDE
In
the NP300, you will find unexpected comfort and space from every seat.
Starting with the spinal-support driver's seat to help make those long
rides a lot more comfortable.
|
ZERO GRAVITY FRONT SEATS
With your comfort in mind, Nissan engineers looked to the cosmos, where astronauts float weightlessly in a relaxed posture. To recreate this “neutral posture” when you’re behind the wheel, they designed an articulated front seat that supports you from the pelvis to the chest, along with seat cushions that flex in response to your unique pressure points. The result is exceptional comfort – whether you’re in a spacesuit or not.
|
REAR A/C VENTS
Located on the back of the centre console, between the front seats, the rear AC vents distribute cool air to the passengers in the row behind.
|
CARGO AND PAYLOAD
TOUGHER THAN TOUGH
Tough jobs, big and heavy hauls. These are the things your Nissan NP300 was engineered to handle. Loaded with space and grit to spare, the all-new Nissan NP300 will show you what it means to get the job done.
|
CENTRE CONSOLE
Riding up front with you, the deep centre console keeps your items secure and provides space for all the things that come with you on every drive.
|
GLOVE COMPARTMENT
The glove compartment can keep pens, pencils, and important documents within easy reach.
|
REAR UNDER-SEAT STORAGE
Flip up either or both rear seat cushions for more storage room. The storage area under the rear seats is a great spot for storing tools that you want to keep concealed.
|
A MORE STABLE WAY TO STOP
The Anti-lock Braking System (ABS) pumps the brakes faster than you possibly could, helping to maintain steering control by preventing wheel lockup. If you have cargo in the bed, Electronic Brake force Distribution (EBD) will detect the added weight and send extra force to the rear brakes. And if oversteer or understeer is detected, Vehicle Dynamic Control (VDC) can reduce engine power and apply brake pressure to specific wheels to help maintain your desired path.
DUAL AIR BAGS
Dual-stage supplemental front air bags, with seat belt pretensioners and occupant-classification sensors, help protect you and your loved ones in case of a collision.
|
ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM (ABS)
ABS helps you maintain steering control during a panic stop, so you can still manoeuvre around an obstacle.
|
ELECTRONIC BRAKE FORCE DISTRIBUTION (EBD)
EBD automatically sends extra force to the rear brakes when it detects there’s additional weight in the back.
|
STABILITY CONTROL
A slick spot in a corner can suddenly have you going in a direction you didn’t want. Stability Control monitors your steering and braking to help you maintain your steered path under certain conditions by reducing engine output and/or applying brake pressure to specific wheels.
|
IMMOBILIZER AND ALARM
Keep your vehicle yours. In the event of possible theft of your NP300, the alarm alerts those nearby. And the Immobilizer makes it impossible for your NP300 to be turned on without your Intelligent Key present.
* VL Only
|
SAFETY
TREK CONFIDENTLY
Nissan NP300 helps to protect you and yours by focusing on three key areas: keeping an eye on your vehicle’s systems and the surroundings, assisting in handling unexpected situations, and helping to keep you safe in the unfortunate event of an accident.
|
DIESEL ENGINE
TOUGH IT OUT
Sebuah mesin yang dilengkapi dengan intercool turbo-diesel dengan peningkatan daya kuda dan torsi meningkatkan efisiensi bahan bakar.
FULL-LENGTH. FULLY BOXED FRAME
A THIRST FOR DIRT
Kerangka boxed ladder secara penuh, NP300 Navara membuktikan menjadi salah satu jenis mobil pickup terkuat dalam perjalanan. Dengan panjang dan kerangka boxed ladder secara penuh menambahkan kegigihan torsi untuk meningkatkan performa, on dan off road.
7AT
Sebuah range yang lebar dengan 7 kecepatan transmisi otomatis (Model VL) membantu untuk menjamin efisiensi bahan bakar dan berkendara jauh lebih lancar.
|
6MT
6 kecepatan transmisi manual dengan rasio dekat di gigi terendah dan rasio panjang di gigi tertinggi menyediakan tarikan kekuatan yang besar dan berkemudi yang menyenangkan, bersama dengan pengiriman daya yang tidak terputus dan peningkatan bahan bakar secara ekonomis dalam kecepatan yang tinggi.
|
FULLY BOXED, FULL-LENGTH LADDER FRAME
Because four walls are stronger than three, Navara features a fulllength, fully boxed ladder frame—instead of the 3-sided, open C-shape rails found on some other trucks. The frame is built with super-high-tensile-strength steel in strategic areas for enhanced structural rigidity. This rugged material is stronger than conventional steel for increased torsional stiffness that helps deliver improved performance, on- and off-road. And it’s the perfect foundation to build upon with our advanced technology.
|
5-LINK SUSPENSION
BUILT BEYOND SOLID
Onroad ataupun offroad, Anda dapat mempunyai pengalaman yang lancar dan nyaman mengendarai NP300 Navara dengan adanya suspensi 5-link Coil Spring with Shock Absorber.
|
SHIFT-ON-THE-FLY 4X4
Dalam kemudi Anda sistem 4WD dapat mengatur pilihan antara 2WD dan 4WD dengan twist dial di kecepatan 100km/h.
|
ACTIVE BRAKE LIMITED SLIP
(ABLS)
Sistem ABLS pada NP300 Navara ini memberikan kemampuan mendeteksi ketika roda mulai terjadi slip, lalu secara otomatis akan melakukan rem pada roda yang slip dan mengirimkan tambahan kekuatan ke roda (atau model roda 4x4) dengan traksi yang terbaik.
|
CLEARANCE THAT TAMES ANY TERRAIN
NP300
Navara menawarkan gaya dengan sebuah tujuan. Dengan fitur yang tinggi dan roda lebar, semua itu dirancang untuk Ground Clearance terbaik dan poros terartikulasi, berjalan di medan gunung yang berat hingga bukit kecil. Sebagian besar komponen dirancang berada diatas ketinggian frame rails, termasuk desain suspensi belakang dengan Coil Spring with Shock Absorber.
HILL START ASSIST
Hill Start Assist dapat membantu NP300 Navara bergulir mundur ketika berada di jalan menanjak dan memudahkan berganti posisi untuk menekan pedal gas untuk bergerak maju dari keadaan berhenti.
|
HILL DESCENT CONTROL
Menanggulangi medan berbukit? Sekarang Anda dapat melakukannya dengan lebih percaya diri dan terkontrol. Hill Descent Control membantu Anda mempertahankan kecepatan stabil dan pengereman, sehingga Anda mendapatkan kembali turun di medan yang curam dengan lebih aman.
|